MESIN PORTAL

Ulasan singkat sampul depan novel fiksi ilmiah buku ke 1 journey across universe berjudul “Zantrivha The Chosen Atradamma”

Menampilkan padang rumput dan terdapat mesin portal (bab 1 hal 57) yaitu alat untuk memindahkan raga ke tempat yang berbeda. Desain bentuk portal berbeda beda tergantung bangsa yang membuatnya, ada yang bulat, prisma, persegi panjang seperti gapura. Tiap bangsa punya rasa seni tersendiri sehingga seperti bentuk rumah tradisional, beda suku beda pula desain rumahnya.

Pada versi lawas alat ini ditenagai oleh sebuah baterai berbentuk kotak yang menempel di sisi kiri kanan dan mampu dilepas. Sedangkan di dinding portal terdapat titik koordinat daerah tujuan yang dapat diatur oleh pengguna, alat ini juga dikunci sehingga tidak dapat dipergunakan sembarangan.

Pada gambar ini dindingnya dapat berputar sehingga bisa diakses dari empat arah. Semakin kuat baterai maka semakin jauh pula jaraknya, rata rata dipakai antar benua tapi yg sering diawasi adalah antar planet karena sering digunakan penjahat untuk media pelarian.

Portal ini pertama dibuat oleh bangsa Xirthana dan diperbanyak lalu pertama kali dipasang di wilayah yang memiliki barang tambang untuk pemindahan agar lebih cepat dan mengurangi biaya transportasi.

Pada versi terbaru, bentuk portal berhasil diperkecil dan dipasang di ujung pesawat antariksa, sehingga pesawat bebas menjelajah ke tempat manapun dalam hitungan detik dan lebih menghemat penggunaan bahan bakar.